Cara agar kuat berpuasa untuk pekerja


Sebentar lagi bulan puasa akan segera tiba. sudahKah sobat mempersiapkan segala sesuatu nya. Untuk menyambut dan menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan pada tahun ini. Bulan penuh hikmah dan magfiroh (kata ustad gitu..)

persiapan tersebut seperti misal nya , kesehatan tubuh, niat yang mantap , atau iman yang kuat dan lain sebagai nya. Kita tidak akan bisa menjalankan ibadah puasa kalau badan atau tubuh kita sedang sakit. Juga walaupun kita sehat  tetapi tidak ada niat untuk berpuasa ya percuma  saja. Semua itu berlandaskan iman dan agama yang kuat.

  • Kompasiana.com

Lalu kemudian bagaimana untuk mereka yang setiap hari bekerja di lapangan , pekerja berat dan kuli bangunan seperti saya ini. Yang membutuhkan tenaga besar agar bisa dapat bekerja dan menjalankan ibadah puasa nya.

Logika nya.. kita tidak akan kuat apalagi punya tenaga besar kalau kita tidak makan serta minum. Sedangkan kita di tuntut oleh atasan supaya bisa
Menyelesaikan pekerjaan sesuai target.

Rasa lemas lesu bahkan kantuk pasti kita rasakan. Seperti mau tidur saja bawaannya.

Semua hal yang diatas tadi kalau di singkat karena kita sedang menjalankan puasa.

Lantas bagaimana caranya agar kita dapat menjalankan kedua-duanya. Ibadah puasa afdol dan juga pekerjan pun deal.. Berikut saya menerapkannya sederhana ini yaitu:

1. Cukup istirahat



Rasa kantuk bisa menyerang siapa saja pada saat bekerja. Apalagi kita sedang berpuasa. Kalau kita biasanya bangun pagi sekarang kita di haruskan bangun di sepertiga malam /subuh. Untuk makan sahur dan ibadah shalat subuh. Menurut saya sobat tidur kembali setelah shalat subuh agar di siang hari sobat tidak terlalu mengantuk saat bekerja. Usahakan tidur sejenak disela-sela waktu istirahat.


2. Minum air yang cukup


agar tubuh kita terhindar dari dehidrasi kekurangan cairan. Karena tubuh kita ini mengandung 75% cairan. Minumlah air yang banyak.(tapi jangan kebanyakan juga sih sobat nanti yang ada kembung lagi he..he..) karena air mengandung kofail yang terpenting untuk aktifitas enzim. Sekaligus katalisme penyeimbang bagi tubuh manusia.

3. Makanan yang bergizi dan mengandung serat


Semua atau jenis makanan apa saja pasti sobat sukai. (Yang penting jangan yang basi saja ya sob.. he..he..) tetapi karena sobat sedang membutuhkan makanan yang berkalori dan berserat sobat harus bisa memilih makanan apa saja yang baik untuk di konsumsi pada saat berpuasa
.
4.Do'a   (pray)


sisihkanlah waktu sobat kira-kira lima atau sepuluh menit . Untuk melaksanakan shalat sunah dukha. Selain bisa meminta rizki sobat juga bisa menambahkan sugesti di dalam do'a sobat.

Kalau saya sendiri begini:

"..ya Allah kuatkanlah iman saya agar saya selalu mengingatmu.."
"..Ya Allah kuatkanlah puasa saya agar saya bisa menjalankan perintahmu dan juga menyelesaikan pekerjaanku.."
"..Ya Allah berikan lah saya uang banyak untuk beli baju baru buat lebaran.."

Dan jangan lupa baca surat Al Quraish 7×  Kalau tidak salah tafsir dalam ayat tersebut menceritakan bahwa suku quraish sangat kuat dalam menahan lapar dan dahaga.

Ok sobat cuma ini saja yang saya tahu. Sobat mungkin lebih bijak dari pada saya untuk menanyakan langsung kepada ahlinya seperi pak ustad.
yang jelas sobat harus ikhlas dalam berpuasa. Agar sobat menjadi nanusia yang hakiki.  Ya.. walaupun di dunia ini
...Nothing is perfect..
Share:

0 komentar: