Cara Bijak Menghadapi Rekan Kerja yang Iri Sama Kita

Bagi seorang karyawan yang telah mempunyai reputasi yang baik, dari segi sikap maupun dari prestasi yang ia dapatkan di tempat kerjanya. Merupakan satu hal yang istimewa untuk disandang oleh karyawan tersebut. Namun predikat yang ia miliki belum tentu berjalan mulus. Karena apa yang baik untuk karyawan berkualitas belum tentu baik di mata rekan kerjanya sendiri.

Seperti kata pepatah mengatakan " Semakin tinggi sebuah batang pohon, tentu pasti semakin kencang pula anginnya "

Artinya apa..??

Bila ada seseorang yang naik derajatnya entah itu dari segi karir atau kehidupan yang sukses, pasti ada juga pihak yang tidak senang dengan kehidupan orang yang bersangkutan. Rasa iri hati dan dengki akan timbul dalam benak mereka.

Begitu pun sama halnya dengan seorang karyawan yang dianggap lebih familiar di lingkungan kerja akan menjadi buah bibir yang selalu dibicarakan disetiap waktu seperti layaknya kaum artis di televisi.



Jika sobat telah memiliki Reputasi yang baik, tentu tak enak hati dengan sikap mereka yang selalu ingin tahu kepribadian sobat. Untuk itu dalam artikel ini mari kita bersama-sama belajar bagaimana caranya atau semestinya  menghadapi teman yang iri sama kita.

Mengatasi rekan kerja yang iri sama kita

#1. Lebih memperdalam ilmu dan skil

Selagi sikap dan perbuatan kita tidak melanggar apalagi mengganggu orang lain, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Biarkan saja orang lain mau bilang apa saja, namun fokus kita hanyalah meningkatkan kualitas ilmu serta pengetahuan. Dengan kata lain biarkan " anjing mengonggong kafilah tetaplah berlalu "

#2. Jangan diambil hati

Apa yang mereka katakan sebaiknya jangan terlalu dihiraukan akan tetapi jangan disepelakan juga. Maksud saya, ketika mereka mengucapkan misalnya...

" Kalau memang bisa melakukan hal itu, kenapa tidak melakukan....."

Nah dari situ kita bisa memetik hikmah dari omongan mereka, yang menjadi sebuah ide untuk langkah selanjutnya yang lebih baik lagi di kemudian hari.

Intinya kalau ada ucapan dari mereka yang sedikit memberi inspirasi menurut sobat, maka hal itu jadikan sebagai masukkan atau pengarahan buat sobat untuk dikembangkan kearah berikutnya.

#3. Jangan ikut membenci lagi

Bagaimana pun juga mereka teman sobat satu perjuangan dan satu penderitaan. Pasti di dalam sebuah komunitas atau organisasi perkumpulan ada sedikit perselisihan. Alangkah bijaknya barangkali lebih baik sobat sebisa mungkin memberikan ilmu yang bermanfaat kepada mereka, serta sedikit apresiasi atas keberhasilan sobat.

Disamping ilmu sobat bertambah, nilai reputasi yang sobat punya pun akan terus melambung.


#4. Berterima kasihlah pada mereka

Semestinya sobat harus berterima kasih kepada mereka, karena dengan adanya reaksi dan argumen yang mereka katakan, tentu hal ini menjadi sebuah cambukkan untuk menghadapi kritikkan kepada sobat. Jadi sobat lebih tahu mana yang lebih baik dikerjakan, mana yang seharusnya jangan dilakukan.

Semua orang pasti punya kelebihan masing-masing, namun hal itu terkadang tidak disadari. Ia hanya melihat dan mengoreksi kesalahan orang lain, padahal sikap cara pada dirinya belum tentu juga benar. Seakan hanya dialah yang paling mengerti dalam setiap masalah.

Untuk sobat yang merasa mengalami kejadian yang saya uraikan diatas tadi, jangan patah semangat teruskan dan hadapi kenyataan yang ada pada saat ini, dengan kesabaran, keuletan serta kegigihan ditambah lagi dengan keikhlasan. Sudah jelas dunia ini sangat terasa indah karena adanya orang seperti sobat.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.