Ketika Melihat Penghasilan Orang Lain Lebih Besar dari Kita



Pernahkah Sobat melihat ada teman atau tetangga sobat, yang penghasilannya melebihi dari pada penghasilan sobat itu sendiri? Terus bagaimana kiranya reaksi sobat setelah menyaksikan mereka lebih unggul derajatnya dibandingkan dengan sobat, apakah dalam hati sobat timbul rasa iri yang menggoda atau punya pandangan hal yang negatif yang berkecamuk dalam relung sanubari sobat??


"Ah..Saya rasa mungkin kedua-duanya.."

Punya penghasilan lebih lumayan memang sangat menyenangkan, semua orang pasti jelas pada mau (termasuk saya juga). Karena apa yang kita butuhkan akan tercukupi dalam hidup ini. Selain itu juga orang akan menjadi lebih PD di dalam jiwa sosialnya.




Akan tetapi pernahkah sobat bertanya dalam diri sendiri, bagaimanakah caranya orang tersebut bisa mendapatkan penghasilannya lebih besar sedangkan kita tidak..? Apa kelebihannya sehingga ia mampu untuk menghasilkan yang lebih baik.


Dalam pandangan lain, seseorang yang punya penghasilan di atas Rata-rata ia juga punya segudang cerita di masa lalu yang banyak lika-liku di setiap perjuangannya dulu. Berupaya dengan gigih ,sabar dan telaten. Sehingga pada waktunya. Ia juga berhasil apa yang ia impikan selama ini.


Mempunyai penghasilan besar, berarti juga ia mempunyai modal besar kala ia sedang meraih harapannya.


Suatu contoh misalnya:


"..Seorang Dokter memeriksa pasiennya kurang lebih lima menit, terus memberikan Resep untuk mengambil obatnya. Dan pasien tersebut membayarkan sejumlah uang kepada dokter tersebut yang mungkin agak sedikit mahal dari biasanya..."


Bayangkan....!!


Hanya kurang lebih lima menit, duduk dan meriksa saja, dokter itu sudah mendapatkan uang..!!


Tapi tahukah sobat...??


Butuh waktu lama dokter tersebut untuk bisa tahu cara mengobati pasien yang bersangkutan.  Di masa-masa praktek atau PKL terdahulu. Dan tidak sedikit modal yang dikeluarkan pada saat itu ketika masih belajar.


Dikesempatan lain , seorang tekhnisi memperbaiki barang ekektronik yang rusak. Tidak waktu yang sedikit buat belajar memahami dan memperdalam serta menekuni ilmu tentang masalah tekhnologi yang dipelajarinya.


Jadi sangat wajar saja mereka mendapatkan hasil yang maksimal pada saat ini. Mengingat perjuangan dan pengorbanannya di masa lampau.


Jadi yang perlu ditekankan di sini ialah...


Kita harus belajar dari seseorang yang lebih maju dari  kita. Ambil pelajaran positifnya dari orang yang kita anggap lebih pandai dalam menunjang di bidang pekerjaannya. Bukan malah kita mencari sela untuk menjatuhkan orang lain.


Secara agama kita tidak boleh syirik dan iri sama orang lain, apa lagi kita merampas hak yang dimilikinya. Di sini saya hanya mencari kelebihan pada seseorang untuk menjadikan motivasi sebagai acuan yang bisa direkomendasikan pada diri kita.


Mencontoh kebaikan dan kepandaian orang lainkan  tidak salah, Buat dijadikan Inspirasi. Malah orang yang bersangkutan akan merasa lebih bangga karena ilmu yang ia punya dicontoh oleh banyak orang.


Jadi jika saya melihat orang atau teman sendiri yang penghasilannya lebih besar , saya akan melakukan hal yang saya uraikan di atas.


Bagaimana jika menurut sobat...???
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.