Usaha Sampingan Tanpa Modal, Apakah Mungkin ?






Usaha sampingan tanpa modal, apakah mungkin ?

Pertanyaan seperti ini kadang selalu menyelimuti dalam benak hati saya. Ko bisa yah hari gini gitu mau melakukan rencana tanpa harus mengeluarkan modal, apalagi itu menyangkut masalah uang dan bisnis. Sedangkan yang semua orang tahu bahwa di dunia ini tidak ada yang namanya mutlak gratis.

Karena pada dasarnya satu sama lainnya juga sama ingin mendapatkan keuntungan. Sebab jika kegiatan atau aktivitas apapun tanpa adanya suatu alasan yang menghasilkan uang yang halal tentu banyak orang tidak mau melakukan hal itu.

Pancibolong.com


Misalnya nih..

"Saya senang sekali akan membaca dan beranstroming via Internet setiap hari dengan menggunakan Hp. Banyak sekali informasi dan berita di sana, sehingga saya bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan setelah membacanya. Semua itu karena berkat adanya hp dan paket data yang selalu menemani dalan semangat hidupku.

" Meskipun Hp saya ini tidak terbilang bagus, tapi ia bisa dijadikan aset bahkan teman baikku. Untuk mempunyai sebuah Hp ini saja saya harus menabung terlebih dahulu agar uang saya cukup untuk membelinya.."

" Apakah ini gratis tanpa modal..?? "

" Ataukah saya minta saja kepada pelayan toko, untuk memberikan saya sebuah Hp beserta paket internetnya.. Kan tidak mungkin ! "

Ia juga sama sedang usaha..."

 Akan tetapi bila saya tidak mempunyai Hp dan koneksi internet otomatis saya tidak bisa internetan setiap hari. Dari itu karena saya ingin punya pengalaman dan mendapatkan ilmu baru, mau tidak mau saya harus menabung serta membeli perangkat tersebut.

Dengan adanya sedikit modal uang saya bisa membeli Hp dan kuota Internet.

Itulah gambaran singkat saya ketika ingin punya rencana harus ada sedikit usaha dan modal.


Kembali kepemesalahan, jadi apakah ada Usaha sampingan yang tanpa modal..??

Kalau menurut pendapat saya sih , yang ada usaha sampingan tanpa modal terlalu banyak.


Bagi seorang Pekerja atau karyawan seperti saya yang hendak dan mau mencari usaha sampingan berikut ini mungkin bisa di telaah kembali


Usaha sampingan tanpa modal banyak tidak gratis.


1. Mengembangkan hobi

Lagi-lagi saya berbicara masalah hobi, iyalah apapun kegiatan karena bukan karena berlandaskan kesukaan dan kesenangan kita sudah tentu kita akan merasa bosan dan malas untuk mengerjakannya. Tetapi karena pada dasarnya hobi apapun yang dilakukannya akan merasa enjoy saja.

Namun perlu diingat carilah hobi yang positif dan bermanfaat untuk orang lain dan juga diri kita sendiri. Umpamanya kalau Sobat mempunyai hobi berkebun barangkali kita bisa belajar menanam bibit yang lebih banyak untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak pula. Atau yang lainnya seperti jika hobi kita suka mengutak atik barang elektronik harus lebih di tingkatkan lagi hobi itu. Kalau sudah pandai dan paham betul kan lumayan bisa membantu tetangga yang barang elektroniknya rusak dan kita bisa mendapatkan hasil apa yang kita pelajari selama ini.

2. Menjadi penulis

Terkait hobi yang tadi jika sobat memiliki rutinitas membaca dan menulis , coba salurkan saja hobi sobat untuk dikembangkan agar lebih ada kemajuan dalam diri sobat demi membangun jiwa kepenulisan sobat. Bisa saja menjadi seorang freelance terlebih dahulu

Kalau saya membaca informasi yang terkait, jasa sebagai seorang penulis sangat dibutuhkan pada saat ini, apalagi era digitalisasi yang masuk dalam periode yang sangat cepat. Bahkan para pekerja  menjadi agak berkurang karena digantikan oleh mesin robot.

Simak juga : Keuntungan jika karyawan mempunyai usaha sampingan


3. Menjadi seorang Driver Online

Jaman semakin lama semakin maju era digital sudah merambah keseluruh dunia. Untuk bisa saling terhubung dan mencari sesuatu tidak lagi harus keluar rumah. Dengan aplikasi seperti saat ini orang atau masyarakat luas guna membutuhkan kendaraan cukup dengan sekali sentuh yang di sebut aplikasi ojek Online.

Ojek online sekarang bukan hanya di kota besar saja seperti Jakarta, namun keberadaannya sampai di penjuru kota. Bagi sobat yang memiliki persyaratan yang mendukung coba saja ikut daftar dalan komunitas tersebut. Di tempat kerjaan saya ada beberapa teman yang mendaftar dan ikut bergabung dalam dunia Ojek Online.


4. Mengumpulkan barang bekas

Usaha sampingan tidak harus pula ada di luar kawasan, di dalam lingkungan kerja pun sebenarnya pasti ada. Kalau sobat mau dan rajin mengumpulkan sesuatu barang yang sudah tidak terpakai lagi atau dibuang. Kita ambil saja peluang itu untuk dijadikan bahan pelajaran berbisnis kecil kecilan.

Selagi hasil barang itu halal dan ada manfaatnya untuk dijual kembali . tentu tidak berpengaruh kepada siapapun yang melihatnya. Sedikit demi sedikit lama kelamaan pasti banyak juga. Ibarat kata pepatah " Sambil menyelam minum air " sudah kerja dapat bayaran selepas kerja pun dapat tambahan. Pekerjaan yang mulia tanpa nengandung resiko.


Tentu sangat berbahagia sekali bila seorang pekerja mempunyai salah satu usaha sampingan selain bekerja di tempatnya. Karena selain mendapatkan pengalaman mereka juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Tetapi jika ingin tambah berkah dan dilancarkan rejekinya sobat jangan lupa bersedekah bagi yang membutuhkannya. terutama kepada saya sendiri...  itu pesan dari seorang ustad melalui ceramahnya.

Demikian barangkali yang bisa saya paparkan untuk masalah
Usaha sampingan tanpa modal.....  Mungkin.. !!

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.