Dampak dan pengaruhnya Era Digitalisasi Pada Kehidupan


Kemajuan zaman yang seperti kita rasakan  pada saat ini membawa perubahan yang lebih baik. Dimana semua ingin mencoba berlomba dan belajar untuk kearah yang lebih maju dari yang sebelumnya. Tatkala demikian muncul pada saat ini generasi-generasi yang paham akan ilmu teknologi yang melahirkan banyak karya-karya yang selalu orang temui.

Menurut wikipedia digitalisasi  secara teknis dijelaskan sebagai representasi dari sinyal-sinyal, gambar, suara, dan benda-benda dengan menghasilkan serangkaian angka, yang dinyatakan sebagai nilai diskrit (Khan, 2016). Menurut Collin et. al, (2015), dll. Mayoritas sektor dan industri di media, perbankan & keuangan, telekomunikasi, med-tech dan perawatan kesehatan telah dipengaruhi oleh konversi informasi ini.(wikipedia).


Era digitalisasi pada saat ini sudah merambah sampai kepelosak tanah air. Yang itu artinya banyak masyarakat luas di penjuru nusantara ini mengenal akan adanya dunia digital. Dahulu orang jika ingin memberi kabar atau informasi mereka menggunakan sepucuk surat dan kemudian dititipkan oleh seorang jasa di kantor pos agar surat tersebut langsung bisa sampai ketempat yang dituju. Alhasil ini bisa memakan waktu beberapa hari agar kirimannya dapat diterima.

Tetapi sekarang zaman sudah berubah kirim surat atau kirim apapun bisa dilakukan dengan adanya sarana yaitu sebuah gadget. Di dalam gadget pun banyak fitur-fitur yang mumpuni seperti berselancar dan menyelami dunia maya. Membaca informasi terkini pada situs-situs terbesar liputan6.com, merdeka.com, republika, kompas.com dan terutama pihak berkelas yaitu Google.com.

Dengan beragamnya fasilitas yang ada dalam gadget serta banyak developer yang mau memberikan produk kreatifasnya dalam dunia online, masyarakat jadi terbantu untuk bisa mengakses apa yang mereka cari dan mereka butuhkan.

Di kesempatan lain pada sebuah industri atau perusahaan juga menerapkan sebuah kegiatan baru dimana tenaga manusia akan tergantikan dengan tenaga mesin berupa robot yang itu berarti berdampak terjadinya pengurangan karyawan atau pekerja. Yang akan berpengaruh juga kepada kesejahteraan keluarga karyawan itu sendiri jika banyak PHK merajalela.

Kendati demikian memang begitu adanya kita semua dihadapkan pada revolusi era digitalisasi, di mana zaman dan manusia saling merubah dunia untuk yang lebih maju. Tetapi hal apapun yang tercipta oleh manusia pasti ada sisi baik dan buruknya. Yang selalu di pandang pengaruh positif dan negatifnya.

Berikut dampak positif pada era digital diantaranya:

1. Pekerjaan jadi mudah

 Kalau saya melihat pada berita-berita di media masa atau televisi, ada beberapa negara yang telah menguji coba akan adanya tenaga robot yang bisa menggantikan pekerjaan manusia. Atau kalau melihat didekat pintu penbayaran tol, para sopir hanya meletakkan e-moneynya ke alat tersebut transaksipun jadi mudah.

2. Bisa sarana untuk belajar

Sebelum era digital berkembang seperti saat ini, orang akan merasa kesulitan untuk belajar dan mencari ilmu. Berkat kehadiran digitalisasi ini apapun bisa dikerjakan dengan hanya sebuah perangkat tersebut. Banyak dan beragamnya aplikasi yang dimuat agar semenarik mungkin menurut pengguna.

3. Menjadi peluang usaha baru

Komputer, gadget ataupun perangkat lainnya tidak akan bisa dioperasikan tanpa ada koneksi yang mendukungnya. Seperti paket kuota maupun data bahkan aksesoris yang selalu disematkan. Hal itu banyak menjadi peluang sebuah usaha untuk melengkapi keperluan para pengguna internet.


4. Peluang usaha online

Jika poin nomor tiga diatas untuk usaha offline ini menjadi terobosan baru dalam menciptakan pemasaran di dunia online. Banyak sudah pebisnis yang terjun ke rimbah dunia maya ini. Dan banyak juga jenis produk serta barang yang dipasarkan dengan adanya mesin digital ini.


Sedangkan untuk dampak negatifnya yaitu:



1. Pengangguran akan merajalela

Seperti yang saya katakan di atas jika pihak industri atau perusahaan mengklaim sarana digital adalah alat yang akan selalu diandalakan, otomatis para karyawannya akan sedikit dikurangi demi menghemat anggaran produksinya.

2. Banyaknya hacker mengintai

Hacker atau penjahat dalam dunia online pasti akan ikut bermunculan seiring merebaknya para netter yang sedang beranstroming dalam dunia maya ini. Karena kerap sekali terjadi penipuan atau pencurian data para user netter.

3. Kesehatan mata terganggu

Dahulu mungkin sebelum adanya perangkat gadget atau serupa lainnya, orang jarang sekali menatap layar yang begitu silau. Tetapi dengan kehadiran alat canggih yang sederhana ini, hampir 75% orang mulai mendewakan segala aktifitasnya melalui komputer mini tersebut.

4. Kurangnya jiwa sosial

Kalau kita menengok kebelakang (kata orang tua dulu) dimana belum ada listrik televisi juga jarang, orang selalu mau ikut gabung bersosialisasi sesama teangganya. Namun karena perkembangan zaman yang semakin menggebu. Hal seperti itu jarang sekali mereka terapkan. Karena sudah adanya produk terbaru yaitu gadget terkadang hubungan dengan orang terdekat pun jarang ia hiraukan.


Perkembangan zaman memang selalu signifikan setiap waktu. Entah perkembangan apalagi kelak pada tahun-tahun berikutnya yang akan selalu diperbarui. Sebagai manusia biasa kita hanya bisa berusaha senantiasa agar berharap hidup yang lebih baik dari sekarang.


Walaupun Revolusi apapun di dalam kehidupan ini niscaya semuanya pasti punya tujuan yang positif kepada kita semua dan hal itu tidak mungkin bisa kita hindari dalam dunia fana ini.



Ok salam...!!
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.