Ciri-ciri Karyawan yang Berkualitas


Menjadi seorang karyawan yang berkualitas adalah sebuah  kebanggaan yang dimiliki oleh para atasan terlebih lagi pada diri Karyawan tersebut. Dengan kepiawaian serta kreatifitas yang tinggi ia mampu melewati tantangan di dalam dunia kerja. Ia bisa menjadi kontributor yang bisa diandalkan.


Karyawan seperti ini layak dijadikan contoh untuk rekan kerjanya yang lain. Agar nanti mereka dapat mau  merealisasikannya di kemudian hari. 

Karyawan yang berkualitas merupakan aset yang kedua setelah peralatan mesin atau barang lainnya. Maka peliharalah sebaik mungkin agar selalu baik dikedua belah pihak. Seperti misalnya memberikan apresiasi berupa penghargaan atau mungkin juga promosi.

Image _ Elevent digital.com

Memangnya seperti apa sih karyawan yang berkualitas itu dan apa cirinya...???


Kalau menurut pendapat saya pribadi seperti ini cirinya...!


1. Punya skill (keterampilan)


Ciri yang pertama adalah ia mempunyai skill yang dimilikinya. Ia sangat pandai dalam menjalankan tugasnya disetiap saat. Ia juga teramat lihai dalam mengelola kecakapan di dalam bekerja. Baginya sudah biasa dalam hal seperti itu.


Dengan bermodalkan skill yang melekat pada tubuh seseorang, ia akan menjadi percaya diri untuk melewati semua rutinitas yang dihadapinya. Bekerja menjadi lancar tanpa ada kendala yang membuat ia menjadi black hate.


2. Mampu mengerjakan tugasnya dengan baik


Setelah skill, ciri yang kedua ini juga merupakan lanjutannya. Bekerja selesai pada tepat waktu , pencapaian target  dapat pula diimplementasikan. Ia bisa dan mampu di tempatkan dimana saja sesuai posisinya.


Yah.. Walaupun semua karyawan lainnya juga bisa melakukan hal yang sama. Namun karyawan yang berkualitas akan menggunakan inisiatifnya sendiri untuk membuatnya yang lebih baik.


3. Punya pengetahuan yang cukup luas


Sedangkan ciri yang ketiga ini, sudah pasti ia mempunyai sedikit pengetahuan atau pengalaman Baik dalam llingkungan kerja maupun di luar tempat kerjanya. Menjalin hubungan baik bersama komunitas pekerja lainnya serta mau menggali ilmu yang diperoleh dari pengalaman-pengalaman orang lain.


Jaringan yang luas akan menambah pengetahuan bagi seseorang di dalam hidupnya. Di situ kita bisa saling sharing satu sama lain. Sehingga apapun inspirasi yang ia temukan diluar, ia akan menerapkan kembali pada saat ia akan bekerja di lingkungannya.


Mempunyai kualitas tersendiri adalah hal yang harus kita lestarikan bahkan harus lebih ditingkatkan lagi didalam jiwa seseorang baik karyawan ataupun masyarakat umum lainnya.  Karena sesuatu yang berkualitas sudah tentu pasti diminati oleh khalayak ramai.

 
Mungkin hanya ini yang saya tahu apa tandanya jika karyawan itu mempunyai "Quality is the best" 

Mungkin sobat pembaca ingin menambahkan pendapat lainnya..


Silahkan....!!!!
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.