Persiapan Dasar Sebelum Membangun Sebuah Blog


Segala rencana yang kita bangun pasti harus ada rencana atau persiapan, begitu juga halnya dengan membuat sebuah blog. Karena dengan adanya persiapan kita tidak akan lagi merasa bingung nanti ketika rencana itu hendak dimulai. Dari segi keuangan, tempat dan juga dari segi usaha.

Akan tetapi membangun sebuah blog tidak begitu berat seperti membangun sebuah gedung yang membutuhakan banyak bahan yang harus disediakan. Membangun blog  hanya butuh keniatan dari hati kita sendiri dan sedikit kesabaran serta pembelajaran.


Kira-kira apa saja yang dipersiapkan untuk memulai membangun blog itu...??

Kalau menurut saya sih ada beberapa poin  yang harus kita penuhi dan kita cermati di dalam diri kita antara lainnya..

- Tujuan
- Menentukan topik
- Ilmu pengetahuan
- Modal
- Kesabaran


1. Tujuan

Wahai sobat jika anda baru pertama kali ingin membuat sebuah blog, coba renungkan dulu sebelum memulai terjun ke dunia blogging. Apakah yang mendasari dalam hati sobat sehingga mau membuat sebuah blog ? Apakah karena faktor dari lingkungan, atau mungkin ngeblog karena hanya komersialisasi belaka ?

Apa pun tujuannya itu kembali pada diri sobat yang punya rencana. Yang jelas kalau kita mau berusaha insya Allah kedepannya ada jalan yang terbuka lebar untuk kita gapai.

2. Menentukan topik

Setelah sobat mempunyai suatu tujuan di dalam sebuah blog, selanjutnya  sobat perlu menentukan sebuah topik untuk membahas apa yang sekiranya akan ditulis dalam artikel nanti. Bisa satu topik atau juga dengan topik campuran seperti blog saya ini.

Dengan menentukan topik di sebuah blog mudah-mudahan sobat akan lebih fokus dan terarah dalam mengelola blog sobat nanti.

3. Ilmu pengetahuan

Bagaimana mau menyampaikan serta memberi sesuatu kepada sesama, sedangkan didalam diri kita saja masih minim ilmu dan pengetahuan. Apa yang akan ditulisnya nanti. Ngeblogkan aktifitas tulis nenulis serta membagikan ilmu pengetahuan yang kita miliki.

Untuk itu sebelum sobat membuat blog coba cari terlebih dahulu apa kelebihan yang sobat punya. Agar bisa dikembangkan kedalam blog yaitu berupa tulisan.


4. Modal

Hidup ini tidak mutlak semuanya gratis !
Apalagi terkait masalah usaha dan kerja yang akan berpotensi bisa menghasilkan sesuatu barang atau jasa. Sama halnya dengan dunia blogging pasti ada sedikit investasi demi kelancaran kegiatan kita sehari hari.

Modal dalam mengelola blog misalnya harus mempunyai perangkat gadget atau laptop untuk menunjang kebutuhan seorang blogger, kuota yang mumpuni demi kelancaran internet. Belum lagi waktu yang harus kita tempuh. Mengingat seorang blogger berkutat menghadapi layar komputer atau gadget saja.


5. Sabar

Segala sesuatunya membutuhkan proses tidak langsung begitu saja jadi. Rutinitas ngeblog juga tidak jauh beda harus sabar konsisten banyak membaca serta perluas networking.

Sabar dengan keikhlasan hati dalam memberikan sesuatu yang berguna bagi masyarakat luas adalah hal yang terpuji sering dilakukan seorang blogger. Memberikan ilmu yang bermanfaat agar hidup ini jadi nikmat.



Mungkin sekedar ini saja pendapat saya mengenai hal apa saja yang mesti kita persiapkan dalam membangun sebuah blog. Yang mudah-mudahan sobat bisa untuk merealisasikannya di dalam dunia blogging.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.