Mencegah Rasa Kantuk diSaat Sedang Bekerja

Rasa mengantuk bisa menyerang siapa saja terutama bagi orang yang sedang malas-malasan tidak ada yang dikerjakan. Ketika sedang santai di rumah bahkan sambil menonton televisi pun keinginan mau tiduran pasti akan datang dengan sendirinya. Pasti banyak yang mengalaminya.

Namun masalahnya bagaimana jika rasa kantuk itu menyerang pada seorang pekerja atau karyawan yang sedang menjalankan tugasnya ( bekerja ) disela-sela kesibukan, tentu mengganggu dalam aktifitas pekerjaan kita, dan pencapaian target pun mungkin jadi terhambat.


Untuk itu pada kesempatan saat ini saya akan berusaha mencari penyebab dan solusinya guna mencegah rasa kantuk yang selalu timbul di saat waktu yang bukan pada tempatnya.

Mencegah rasa kantuk di saat sedang bekerja

#1. Tidur malam yang cukup

Hal yang paling mendasar ketika seseorang menguap disertai rasa kantuk, kemungkinan ia kurang tidur pada waktu malam harinya. Entah itu karena sedang tidak enak tidur ( Insomnia ), atau bisa ada faktor kesengajaan misalnya begadang, itu merupakan bagian dari kurangnya tidur yang berkualitas.

Sebisa mungkin ketika mau tidur jangan terlalu malam kalau tidak ada hal yang sangat penting. Tidur malam yang cukup akan membuat tubuh menjadi fresh ketika kita bangun, apalagi setelah itu keluar rumah menghirup udara pagi sambil berolah-raga.

#2. Jangan terlalu diam

Memang sebaiknya dalam bekerja itu seorang karyawan harus fokus agar bisa menghasilkan jasa atau produk yang dikerjakannya lebih maksimal. Namun terkadang terlalu serius juga bisa menimbulkan rasa kantuk dengan tiba-tiba.

Agar suasana menjadi cair dan tidak tegang, jangan terlalu diam  cobalah ajak teman yang paling dekat di meja kerja kita buat mengobrol atau sambil berdiskusi ditambah lagi dengan sedikit candaan supaya mood kita lebih ceria tanpa mesti mengurangi kualitas pekerjaan kita.

#3. Jangan fokus di dalam

Bagi karyawan yang kesehariannya bekerja selalu di dalam ruangan, tidak ada salahnya untuk keluar sebentar dari ruangan tersebut, guna  melihat-lihat keadaan diluar juga bisa menghirup udara yang segar. Atau bila perlu sambil membasuh muka jika rasa kantuk telah melanda.

#4. Makan cemilan

Makan cemilan adalah solusi terbaik ketika mata mulai mengantuk agar sedikit bisa teratasi dikala sedang bekerja. Di samping makanan penambah iseng, makanan cemilan juga bisa bermanfaat mengurangi rasa kantuk pula. Seperti makanan snack, biskuit, apalagi buah-buahan misalnya jeruk, mangga, kelengkeng, itu jenis makanan yang membuat mata menjadi terbelalak.

#5. Mendengarkan musik

Ada makanan cemilan ditambah lagi susana yang riang, plus mendengarkan alunan musik yang menggema. Tentunya rasa kantuk pun tidak akan datang menghampiri. Selain karyawan bisa nenyelesaikan tugasnya hatipun jadi riang gembira.
Tapi perlu diingat, gunakanlah waktu dan kesempatan secara bijak jangan terkesan main-main karena ini dalam lingkungan pekerjaan.

#6. Merubah tata ruangan

Jika diizinkan tanpa harus mengganggu karyawan lainnya, serta tidak menghalangi jalan bagi orang lain. Cobalah berusaha untuk merubah tata diruangan tempat kerja yang sering dipergunakan untuk berpindah posisi dan tata letaknya.

Menggeser meja dan kursi secara berbeda -beda menambah suasana menjadi seperti baru. Disaat seorang karyawan yang baru pertama kali masuk untuk pertama kalinya. Yang kebanyakan jika orang melihat hal yang baru matanya akan selalu melihat disekelilingnya. Dari kegiatan semacam inilah bisa berpotensi menjadi semangat lagi  rasa kantukpun segera hilang

#7. Tidur siang sejenak

Setelah waktu istirahat telah tiba, selepas makan siang gunakanlah waktu tidur sebaik mungkin. Tidur siang juga teramat lumayan bisa mengantisipasi buat menghalau rasa kantuk ketika sedang bekerja nanti, disaat jam kerja sudah memanggilnya.

Dengan menerapkan apa yang saya uraikan diatas tadi, semoga dapat bisa mengurangi rasa kantuk yang berlebihan. Rutinitas sehari-hari pun tidak jadi terhalang. Walaupun ada resep obat supaya tidak mengantuk disaat kerja, menonton, sendirian, ataupun melamun..

" Apa itu..??!!"

" TIDUR   !!"
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.