Momentum dan Tradisi di Akhir Ramadhan

Momen-momen yang selalu hadir disetiap tahunnya telah menjadi suatu tradisi bagi kalangan umat muslim khususnya di Indonesia. Menjelang Hari lebaran Idul fitri tiba, masyarakat akan bersuka cita karena nanti segenap warga yang merasa beragama islam dalam waktu dekat mau menjalankan shalat id dan berkumpul dengan sanak saudara mereka yang mungkin sudah lama tidak pernah ketemu.

Ada yang barangkali sudah memisahkan diri dari orang tua karena sudah berkeluarga, bisa juga karena faktor tempat pekerjaannya jauh dari tempat tinggal yang pasti mau tidak mau terpaksa harus mengontrak. Dengan ada datangnya momen dan bulan kebahagiaan ini para keluarga bisa berkumpul kembali dari tanah rantauan untuk merayakan hari kemenangan yakni Hari raya idul fitri.

Dengan timbulnya fenomena tersebut, saya jadi terinspirasi untuk membuat suatu tulisan disini. Karena saya sendiri juga anak perantauan yang pasti jelas melihat, merasa, serta mengalaminya. Namun hal ini pula bukan saya saja, pasti banyak orang yang merasakan hal yang tak jauh berbeda.

Lalu apa saja yang saya tahu...??

Ya seperti pada setiap tahunnya momen di akhir ramadhan seperti..

1. Bagi-bagi Uang THR

Sebagai pekerja entah berprofesi seorang karyawan, menjadi pelayan maupun pegawai lainnya jika menjelang hari raya tentu akan diberikan sebuah uang THR. Momen seperti ini hanya terjadi setahun sekali. Coba bayangkan " kalau tidak ada hari raya dikasih uang thr apa tidak ya.."


#2. Pulang kampung (mudik)

Bagi usahanya yang jauh dari tempat tinggal(kampung), saat di akhir bulan puasa mereka akan balik lagi ke kampung halamannya masing-masing. Tentu berbagai macam kendala pasti kita temui diperjalanan. Semisal telatnya armada kendaraan, hiruk pikuk orang dan bermacet ria yang menjadi pemandangan indah untuk kita lalui.


#3. Membuat makanan kue tradisional

Ketika sampai di halam depan rumah kebahagiaan pun tidak terbendung lagi, kita bisa berjumpa dengan orang yang tersayang seperti bapak, ibu anak dan istri yang telah menanti. Di saat berkumpul tentu ada saja tradisi di mana kebersamaan itu akan menjadi lebih indah dengan membuat kue lebaran sendiri di rumah. Meskipun sekarang ini sudah jaman praktis yang mesti bisa kita beli di warung, namun hasil dari pekerjaan kita sendiri akan lebih asyik ketimbang beli diluaran sana.( ya terkadang terpaksa beli juga di warung xi...xi..)

Itulah sekedar sekelumit kata dan pengetahuan secara umum yang bisa saya share. Bagi sobat yang melaksanakan puasa pada saat ini. Saya mengucapkan  selamat menunaikan ibadah puasa semoga diberikan kekuatan lahir dan batin. Jika sobat yang hendak pulang kampumg maka berhati-hatilah dijalan nikmati perjalanan Anda. Hadapilah dengan kenyataan. Mudah-mudahan dilimpahkan keberkahan.  Amin..

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.