Karyawan vs pedagang mana yang lebih baik

Karyawan vs pedagang mana yang lebih baik


KARYAWAN vs PEDAGANG...
Hmm... Kedengarannya Seperti sebuah pertandingan saja ya sobat. Maksud saya di sini dalam hal memilih usaha mending jadi seorang karyawan apa jadi seorang pedagang.  Padahal baik karyawan maupun pedagang kedua -duanya sama pekerjaan yang mulia. Setiap individu mempunyai  atau memiliki pengetahuan kemampuan di bidangnya masing-masing. 

Namun fakta lain di lapangan banyak para pedagang mengatakan jadi seorang karyawan itu lebih baik dan menjanjikan . Mendapatkan gaji setiap bulan di kasih bonus oleh perusahaan dan belum lagi tunjangan yang lainnya. Tetapi di lain sisi tidak sedikit pula dari pihak karyawan berasumsi bahwa Kaum pedagang sangat baik pula untuk dijalankan. Tidak terikat oleh waktu dapat penghasilan yang sangat lumayan jika sedang ramai pembeli.

kaskus.com 


Sebenarnya mungkin apa yang di katakan oleh kedua belah pihak itu sama benarnya. Tetapi kalau saya melihat di lapangan ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua profesi tersebut. Dan yang namanya usaha itu pasti suatu saat akan menemui resiko.

Untuk kelebihan-kelebihan karyawan adalah sebagai berikut :

1. Tidak memerlukan modal besar

Seorang karyawan mungkin hanya bermodalkan otak dan otot untuk dapat bisa bekerja. Berangkat pagi pulang sore. Kecuali yang tempat kerjanya jauh dari tempat tinggal itu pun tidak seberapa masih bisa ditutupi dengan penghasilan.

2. Gaji tetap

Namanya pekerja sudah pasti mendapatkan upah atau gaji yang pasti setiap bulannya yang di tentukan oleh pemerintah sesuai prosedur yang berlaku.

3. THR

Setiap Hari Raya agama masing-masing para karyawan berhak mendapatkan tunjangan hari raya atau THR setiap tahunnya.

Baca :  Cara menghitung THR

4. Mendapatkan ASKES

Kesehatan karyawan bisa terpelihara karena pihak perusahaan telah mengansuransikan karyawannya kepada Dinas terkait seperti Rumah sakit yang dirujuknya apalagi sekarang setiap Karyawan diharuskan untuk ikut program Jamsostek di perusahaannya yang sekarang bernama BPJS/KETENAGAKERJAAN

5. Bisa kerja sampingan

Usaha tidak hanya mengandalkan satu tempat saja. Seorang karyawan pun bisa menjalankan kerja sampingannya di luar jam kerja (multitasking)


Adapun kekurangannya dari seorang KARYAWAN ialah....

1. Waktu terbatas

Sering malas kerja bangun kesiangan tentu tak cocok untuk menjadi seorang Karyawan. Nanti lama kelamaan bisa kena skorsing dari pihak perusahaan. Seoarang karyawan waktunya tidak sebebas seperti kerja sendiri.

2. Harus rela di perintah 

Karena posisi Karyawan itu ada di bawah ,  ia harus mau dan rela disuruh-suruh oleh atasannya.

3. Teguran dari atasan

Kalau kinerja anak buahnya bagus pasti seorang atasan akan bangga karena melihat hasil kerjanya. Namun bagaimana kalau malah sebaliknya, tentu seorang Karyawan akan menerima teguran.

Itulah kelebihan dan kekurangan menjadi seorang KARYAWAN. Lalu bagaimana kekurangan dan kelebihan seorang PEDAGANG..
Berikut ulasannya....

Kelebihan dari seorang PEDAGANG

1.  Waktu tidak terbatas (Bebas)

Berwiraswasta memang Profesi yang  sangat menantang. Harus punya jiwa kreatif dan inovatif. Untuk melahirkan ide-ide yang sangat segar. Tanpa ada gangguan dari pihak lain.

2.  Bisa membantu orang lain

Tak sedikit pula para Intrepreneur yang berhasil dalam menjalankan usahanya mencari atau merekrut orang untuk dijadikan pegawainya. Hal ini sangat baik untuk membantu orang lain sekaligus mengentaskan pengangguran.

3.  Penghasilan tidak terbatas

Jika sedang ramai seorang pedagang akan meraup untung yang lumayan juga. Apalagi jualan pada saat bulan Puasa tiba. Bisa Dua kali lipat keuntungannya dari hari biasa.

Sedangkan kekurangannya yaitu...

1. Bangkrut

Ada sebagian pedagang yang masih bertahan dalam mengarungi samudera Bisnisnya. Namun ada pula para pedagang yang jatuh dari singgasana bisnisnya (Gulung tikar)  

2. Utang

Saat awal-awal mulai buka usaha, banyak para pedagang meminjam uang untuk modal saat berdagang.

3. Pendapatan tidak pasti

Pendapatan seorang pedagang tidak bisa diterka-terka kadang kalau lagi ramai lumayan juga hasilnya. Tapi kalau lagi sepi yaa... Kita harus sabar.

4. Jam kerja yang panjang (Long time)


Setelah habis jualan Seorang pedagang bukan hanya mutlak menunggu lapak daganganya saja. Tapi disisi lain ketika malam hari ia akan menyusun rencana apa saja pada esok hari agar lapaknya jadi lebih baik dari kemarin. (Kreatif dan inovatif)


Hanya inilah yang saya tahu kelebihan dan kekurangan dari seorang KARYAWAN dan seorang PEDAGANG.

Perlu diingat  !
Didalam kehidupan ini tidak ada yang sempurna ( "Nothing is perfect" )  
begitu juga dalam hal memilih usaha. Baik karyawan ataupun wirausahawan sama tujuannya satu yaitu UUD '45 (Ujung-ujungnya mencari Duit untuk membeli makanan empat sehat lima sempurna) 


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.