Cara Mengetahui Saldo bpjs/ketenagakerjaan Secara Online

Sudah setahun belakangan ini saya belum dapat kabar dan informasi mengenai masalah saldo yang ada di bpjs/ketenagakerjaan. Katanya sekarang sudah tidak lagi menggunakan laporan secara fisik (surat lembaran kertas) yang diberikan pihak bpjs/ketenagakerjaan. Sekarang beralih menjadi layanan online. Dimana setiap peserta yang ikut dalam program tersebut mau tidak mau bisa tidak bisa harus membuka layanan bersangkutan dengan menggunakan Aplikasi bpjs/ketenagakerjaan atau bisa juga dengan mengunjungi langsung di websitenya itu.

Alhasil banyak peserta yang mengeluh dengan cara pembaruan yang diharuskan tersebut, karena pasalnya ada peserta yang belum mengerti atau bahkan tidak bisa sama sekali dengan cara menggunakannya. Lantaran para peserta juga tidak semuanya mempunyai perangkat untuk dipakainya.

Disamping itu pula terkadang ada saja gangguan lainnya seperti jaringan error atau log out dengan sendirinya. Semua ini menjadi kendala tersendiri bagi peserta yang ingin menggunakannya dikemudian hari. Saya sendiri dibuat stres sebab lantaran sulitnya untuk mengakses layanan itu sering gagal tanpa ada hasil.

Namun belakangan ini sepertinya layanan yang dimaksud sudah bisa diakses kembali untuk dibuka. Dan sekarang saya sudah mengetahui berapa rincian dan saldo yang ada di bpjs/ketenagakerjaan dengan sedikit rasa penasaran.

Nah untuk sobat yang kebetulan ikut bermain dalam program jamsostek yang sekarang ini berubah nama menjadi bpjs/ketenagakerjaan dan belum bisa maupun berhasil membukanya, saya akan mencoba berbagi cara kepada sobat yang belum mengerti. Buat sobat yang lain yang sudah mengerti tolong beritahukan sama saudara kita yang belum paham.

Ok mari kita mulai..!!

Saya anggap sobat sudah memiliki perangkat yang mendukung dan juga telah mempunyai email. Karena saya hanya menggunakan cara online hal pertama sobat harus menginstal aplikasi bpjs/ketenagakerjaan di playstore. Setelah itu sobat buka akan tampil home page seperti gambar di bawah ini


Sebenarnya melalui langsung di websitenya juga bisa, namun setahu saya tetap saja nantinya akan diarahkan untuk menginstal aplikasi juga jika baru pertama kali membuka.

Setelah itu selanjutnya sobat harus buat akun terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan yang ada di dalamnya seperti pada lingkaran sibawah ini..


Kemudian sobat mesti mengisi data nama beserta email yang valid agar supaya bisa menerima pin yang akan diberikan nanti melalui email sobat  tersebut.



 Dan jika sudah ada pemberitahuan pin di email, sobat cek terus masukkan pin sobat ke kotak ini

 

Sampai disini akun sobat sudah terverikasi dan selanjutnya bisa menggunakan layanan yang ada di dalamnya. Namun sebelumnya pula sobat harus mengisi data lagi seperti Nama ( nama yang di KTP dengan kartu bpjs/ketenagakerjaan harus sama). Kemudian tanggal lahir dan nomor pesertanya.

Sobat juga bisa membuka salah satu dalam ketiga kotak menu. Misalnya sobat membuka berapa saldo saat ini. Tapi sobat juga harus hafal PIN untuk membuka kuncinya. Karena setiap mau membuka diminta memasukan PIN tersebut.

Jika data sobat benar akan terbuka seperti ini


Demikian yang bisa saya share malam ini untuk sobat yang belum tahu cara cek saldo bpjs/ketenagakerjaan.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.