Tidak Bisa Cek Saldo BPJS ketenagakerjaan..! Hati-hati akan Menjadi Masalah saat Pencairan Nanti

Sobat sudah berusaha cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan bertanya sama saudara, teman, kesana kemari. Namun tetap saja usaha sobat tidak membuahkan hasil atau tetap gagal..?!

" Tenang sobat.... Anda tidak sendiri..!"

Masih banyak orang disana yang ikut menjadi peserta Jamsostek, masih saja ada kendala hanya untuk mengecek saldo tersebut termasuk saya juga..
Bayangkan sobat, mengecek saldo saja susahnya bukan main, apalagi nanti disaat waktu pengambilan kelak nanti. Pasti rumitnya lebih dari sekedar ini.



Untuk itu saya mencoba memberikan pendapat melalui tulisan ini, mengenai solusi jika selalu gagal dalam CEK SALDO BPJS ketenagakerjaan yang selama ini membuat penasaran hati karena belum juga tahu, berapa saldo yang ada di dalamnya.

Menurut pengalaman saya kemarin, saya juga sama. Kenapa mau memasukkan data di aplikasi saja susah. Apakah saya harus langsung kesana ( kantor cabang yang bersangkutan ). Apakah melalui jalan lain saja seperti via sms, atau login di website resminya. Tapi hal ini tetap saja tidak berhasil juga.

Hari demi hari saya lalui dengan sedikit penasaran kenapa mau cek saldo saja gagal terus. Hingga pada suatu hari saya mencoba memperbarui kartu keluarga (KK)  dan mencocokan dengan KTP elektrik saya. Hingga kurang lebih tiga bulan lamanya, KK saya sudah terbit.

Selang dua hari saya mengajukan permohonan untuk memperbarui data peserta BPJS ketenagakerjaan dengan KK saya yang baru. Karena saya seorang pekerja, masalah ini saya serahkan kepada pihak HRD selaku jadi pengurusnya. Saya menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan seperti..

# KK asli beserta foto copy 1 lembar
# KTP asli beserta foto copy 1 lembar juga
# Kartu peserta BPJS ketenagakerjaan dan foto copy 1 lembar juga.

Setelah lebih dari tiga minggu lamanya, akhirnya saya mendapatkan Kartu peserta yang baru, dan data juga sudah diperbarui. Dengan terburu-buru saya mencoba mengecek saldo yang selama ini selalu gagal di Hp saya.

Dan ternyata apa yang saya inginkan selama ini terjawab sudah. Saya berhasil mengecek saldo tersebut.

Jadi dengan demikian, jika sobat saat ini yang masih saja merasakan kegagalan untuk mengecek saldo seperti yang saya ceritakan diatas. Mungkin inilah penyebab salah satunya. oleh karena itu disaat mau cek saldo, dipastikan sobat harus ingat dan tahu dahulu Nomor KK dan NIKnya.

Sebagai saran, janganlah menyepelekan terkait masalah ini. Karena kelak jika sampai saat ini saldo sobat tidak bisa dilihat ( dibuka ). Dikhawatirkan akan menjadi masalah yang lebih rumit disaat seorang peserta ingin mencairkan saldo JHT yang bertahun-tahun sobat nantikan. Jadi harus berhati-hati..

Sebab lantaran jika seorang peserta yang bersangkutan ingin datang langsung ke kantor cabang yang telah jadi mitranya. Terlebih dahulu peserta tersebut diharuskan mengambil kartu antrian ( kode booking ) melalui situs resminya. Tanpa adanya kode booking. Peserta akan sulit masuk  dan bahkan ditolak oleh satpam yang bertugas disana.

Antrian online bpjs ketenagakerjaan
Antrian online ( kode booking ) bpjs ketenagakerjaan

Yang jadi masalah ialah, bila mengecek saldo saja tidak bisa, tentu akan bisa terjadi hal yang sama disaat mau mengambil kode booking secara online yang diberikan oleh pihak BPJS ketenagakerjaan itu sendiri.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.