Rincian dan Biaya Bangun Rumah Kecil yang Minimalis Type 36

Berapa kira-kira rincian dan biaya untuk bangun rumah walaupun kecil tetapi minimalis yang tipe 36..

Itulah mungkin sebuah renungan dan pertanyaan yang berkecamuk di benak sobat yang mungkin nanti punya rencana ingin membangun rumah sederhana dengan dana terbatas. Atau bisa jadi sobat pernah melihat teman, tetangga yang sudah punya rumah tersebut muncullah pertanyaan seperti diatas.

Baiklah sobat..

Baik yang sudah punya dana maupun yang hanya sekedar ingin tahu saja berapa rincian dan harga membuat rumah minimalis dengan ukuran 6 x 6 , dalam tulisan ini saya akan memaparkan pengalaman saya kemarin setelah selesai membangun rumah kecil yang minimalis .



Sebelum beranikan diri membangun rumah ini, saya pun sempat berfikir dan bertanya kepada orang yang sudah terlebih dahulu berpengalaman dalam membangun rumah. Cukupkah bila dana ini untuk mendirikan sebuah rumah mungil. Berapa harga barang material pada saat ini..?? Ya mereka mengatakan bervariasi.. Ada yang bilang cukup ada yang bilang kurang atau sekedar pas-pasan saja. Mengingat dana saya ini sangat terbatas adanya.

Selang beberapa minggu dengan bermodal uang yang pas-pasan ditambah motivasi dari keluarga saya melanjutkan rencana itu..mulai dari merinci harga-harga barang yang akan dibeli, luas tanah, siapa yang menjadi petukangnya, dan berapa meter ukuran  tanah yang akan didirikan rumah saya nanti.

Karena di setiap daerah adat dan istiadatnya berbeda, harga bahan dan  perlengkapan buat membangun rumahpun juga berbeda. Ditempat saya sebelum esoknya mulai mendirikan bangunan, baik bangunan rumah maupun bangunan yang lainpun. Malamnya harus ada acara seperti syukuran atau membaca surat yasin. Yang artinya dana yang kita punya itu tidak mutlak untuk biaya membangun rumah saja.

Adapun setelah saya kumpulkan dan saya rinci bahan bangunan apa saja dan berapa harga setiap barangnya berikut saya jabarkan dibawah..

#1. Pasir 2 truk harga @ Rp. 1.100.000. jumlah Rp. 2.200.000.

#2. Semen 50 sak harga @ Rp. 35.000 jumlah Rp. 1.050.000

#3. Batu bata 13 ribu buah harga @ Rp. 430. jumlah Rp. 5.590.000

#4. Genteng 2 ribu buah harga @ Rp. 1400 jumlah Rp. 2.800.000

#5. Bambu 100 batang harga @ Rp. 7.500 jumlah Rp. 750.000

#6. Balok 30 batang harga @ Rp. 100.000 jumlah Rp. 3.000.000

#7. Kusen 1 paket, 4 pintu dan 6 jendela jumlah semua Rp. 5.300.000

8. Tanah cadas kira-kira 3 truk harga @ Rp. 250.000. Jumlah Rp. 750.000

#9. Rokok 20 slop @ Rp. 13.000 jumlah Rp. 2.600.000

#10. Biaya tak terduga lainnya seperti minuman konsumsi hingga mencapai sebesar kurang lebih Rp. 3.000.000


Daftar diatas baru sekedar bahan bangunan. Sedangkan daftar dibawah ini ongkos upah kerja serta biaya konsumsi lainnya..

#1. Petukang harian @ Rp. 120.000 x 2 orang x 15 hari kerja jumlah Rp. 3.600.000

#2. Asisten kenek @ Rp. 100.000 x 2 orang x 15 hari kerja jumlah Rp. 3.000.000

#3. Pekerja lainnya @ Rp. 80.000 x 2  orang x 15 hari kerja jumlah Rp. 2.400.000


Rumah saya ini dibangun dengan bahan yang masih klasik, masih menggunakan genteng biasa, balok dan bambu. Tidak menggunakan material yang serba besi seperti baja ringan. Namun walaupun begitu jika di total berapa biaya yang sudah dikeluarkan sangat lumayan besar sekali menurut saya pribadi.

Cara menghitungnya pun jadi bingung karena dana yang saya miliki kurang dari perkiraan. Untungnya alkhamdulilhirobbil 'alamin rumah saya sekarang sudah jadi. Meskipun kecil tak seindah rumah idaman hanya terdapat 6 ruangan . satu ruang depan, dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan satu lagi ruang dapur...





Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.