Cara Mengelola Uang THR untuk Keperluan Lebaran

Tak terasa lagi kita sudah menjalankan ibadah puasa selama lebih tiga minggu dilalui. Para pekerja sepertinya sedang ada yang ditunggu-tunggu semenjak hari pertama mulai berpuasa yakni uang THR. Setiap pekerja atau karyawan baik bekerja di lingkungan perusahaan maupun di lingkungan negeri.

Setelah mungkin sobat sudah memprediksi cara menghitung THR dan sekarang setidaknya bisa mengetahui berapa uang tersebut akan diterimanya nanti. Ya walaupun pada kenyataannya pasti mungkin terdapat perselisihan antara perhitungan sobat dengan perhitungan pihak kantor di perusahaan sobat.



Tapi apakah sobat sudah tahu bagaimana cara mengelola atau membelanjakan uang THR yang sudah didapatkan dari bos atau atasan sobat manjadi bermanfaat untuk kedepannya berbagai macam kebutuhan lebaran nanti. Yang jelas pasti semua orang bisa dengan cepat menghabiskan uang itu.

Dari itu coba kita telaah kembali bagaimana agar uang bekal dihari raya itu tidak habis secara cuma-cuma bahkan bisa jadi barang cadangan ketika setelah lebaran usai.

#1. Membeli barang yang memang dibutuhkan

Ketika kita mempunyai uang yang sedikit banyak, hal pertama pasti yang dipikirkan dalam benak kita adalah mau membeli apa nanti, apa saja yang mesti saya beli buat keperluan idul fitri dan segala bentuk pikiran lainnya. Sebisa mungkin belanjakanlah yang sekiranya memang perlu, seperti membeli baju, celana, baik baju muslim maupun baju kemeja pada umumnya.

 Membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan hanya menghambur-hamburkan uang konsumtif yang tiada guna. Misalnya membeli Hp baru, padahal hp yang sekarang masih bagus. Dan satu hal lagi sudah bukan rahasia umum ketika momen-momen seperti memasuki akhir bulan puasa semua jenis harga barang akan melonjak pesat dari hari biasa.

#2. Membayar Zakat fitrah

Ya saya percaya sobat tidak lupa dan tahu akan membayar Zakat nanti pada akhir ramadhan atau sebelum shalat id dimulai. Tapi sebenarnya juga Zakat itu bukan hanya fitrah saja, namun ada zakat yang lain diantaranya ada zakat mal, zakat fitrah, zakat penghasilan dan masih banyak lagi zakat yang lainnya. Nah setelah sobat mendapatkan THR yang lumayan coba kiranya untuk membayar zakat yang ketiga tadi tentu lebih bermanfaat bagi yang membutuhkan.

#3. Berinvestasi

Yang namanya uang jangankan sedikit banyak pun akan segera habis jika saja tak pandai dalam mengelolanya. Namun dengan kita menyisihkan sedikit uang untuk berinvestasi, maka akan berdampak positif pada kehidupan kelak nanti. Bisa saja uang yang kita tanamkan itu buat tambahan modal atau juga membeli saham yang produktif.

#4. Buat jualan dadakan

Jika investasi merupakan usaha penyimpanan jangka panjang, lain halnya dengan BUAT JUALAN DADAKAN. Jualan dadakan maksud saya disini adalah uang yang kita peroleh digunakan langsung saat itu juga buat membeli barang dagangan yang sekiranya dapat dijual kembali ketika menjelang hari raya idul fitri. Misalnya yang sederhana saja jualan pulsa, jualan pakaian, jualan makanan kering,  atau bahkan jualan hewan yang dicari masyarakat untuk menu makan ketika hari raya tiba. Kan lumayan tuh dapat tambahan uang saku,  dapat tambahan ilmu dagang juga.

Sekiranya itu yang bisa saya uraikan pada malam ini. Intinya gunakan waktu dan uang sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian hari. Karena diluar sana masih ada yang tidak mendapatkan THR kalaupun dapat mungkin jumlahnya tidak seberapa. Makanya cobalah berbagi kepada sesama agar uang sobat menjadi lebih berkah.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.